53% Ibu Baduta di Jabodetabek Senang Menggunakan Stroller

Keberadaan stroller sangat membantu bagi para ibu yang memiliki bayi atau anak kecil. Sebuah stroller dapat sangat membantu saat sedang berjalan-jalan dengan bayi di mall, berbelanja, berkeliling lingkungan rumah, atau hanya sekedar untuk  menenangkan bayi di dalam rumah. Stroller sangat esensial untuk meringankan beban dalam menggendong bayi dan anak.

Berdasarkan studi Sigma Research Indonesia, tingkat penggunaan stroller pada ibu yang memiliki bayi dibawah dua tahun (baduta) mencapai 35,5%. Penetrasi stroller tertinggi berada di di wilayah Jabodetabek yang mencapai 53%, dibandingkan wilayah lainnya di Indonesia. Mayoritas ibu baduta (81,7%) membeli stroller dalam kondisi baru, hanya sebagian kecil (2,1%) ibu yang membeli stroller dengan kondisi second atau bekas,  serta sebagian kecil lainnya yang mendapatkan stroller dari pemberian hadiah dan “lungsuran”. Adapun rata-rata budget pembelian stroller per anak dalam temuan penelitian ini adalah sebesar Rp. 924.400 per pembelian.

 

 

Merek stroller yang paling populer di kalangan ibu baduta adalah Family karena merupakan top of mind sekaligus menjadi merek stroller yang paling banyak diketahui yakni mencapai 69,0%. Merek selanjutnya yang masih cukup banyak diketahui oleh ibu baduta adalah Pliko (28,9%); dan Chicco (18,3%). Popularitas merek Family dan Pliko menjadikan kedua merek ini sebagai market leader produk stroller pada tahun 2015 dan masih bertahan hingga tahun 2017.

Dalam survey ini juga digali mengenai trend and behavior ibu dalam membeli produk perlengkapan bayi, channel pembelian, media habit ibu, dan perilaku online ibu termasuk kebiasaan online shopping untuk produk bayi, serta menyajikan data tracking

untuk posisi brand pada tahun 2015 dan 2017. Info lebih lanjut hubungi Sigma Research (021) 53126853, atau info@sigmaresearch.co.id.

Leave a Reply