Studi Perilaku Pembelian Produk Perlengkapan Bayi

Berdasarkan hasil survey Sigma Research terhadap ibu yang memiliki bayi dan anak di bawah dua tahun (baduta), diprediksi market size produk perlengkapan bayi di Indonesia mencapai Rp. 10,4 trilliun.  Nilai pasar produk perlengkapan kebutuhan bayi  terus meningkat secara positif dengan pertumbuhan rata-rata lebih dari 12% per tahun.

Secara keseluruhan, terdapat 10 jenis produk perlengkapan bayi yang paling banyak digunakan oleh para Ibu untuk bayinya yaitu pakaian bayi, botol susu, perlengkapan makan, stroller, tas bayi, ranjang bayi, baby bouncer, cooler bag, high chair, serta baby car seat. Penetrasi teratas tiga produk utama perlengkapan bayi yaitu pakaian bayi (90,4%); botol susu (65,0%) dan perlengkapan makan (44,5%).

Untuk pakaian bayi, merek yang paling banyak dikenal oleh para Ibu adalah Little M (48,4%). Merek selanjutnya adalah Cool Kids (46,3%), dan ketiga yakni Mom & Baby (31,0%). Ditemukan lebih dari 30% Ibu pernah membeli ketiga merek pakaian tersebut untuk bayinya. Selanjutnya untuk produk botol susu dan perlengkapan makan, merek Huki dan Pigeon paling banyak disebutkan pertama kali (Top of Mind) oleh 20% – 50% ibu baduta. Kedua merek di atas juga mendominasi pasar produk botol susu dan perlengkapan makan tersebut.

Dalam survey  ini juga digali mengenai perilaku dan sikap ibu dalam membeli produk perlengkapan bayi, channel pembelian, media habit ibu, dan perilaku online ibu termasuk kebiasaan online shopping untuk produk bayi.

Info lebih lanjut hubungi Sigma Research (021) 53126853, atau info@sigmaresearch.co.id.

Leave a Reply

how can we help you?

Contact us at the Sigma Research office nearest to you or submit a business inquiry online.