Ini Dia Faktor Penyebab Imunitas Melemah

Immunocompromised merupakan kondisi di mana orang tidak memiliki sistem imun yang baik sehingga rentan terpapar virus. Dilansir The Conversation, immunocompromised adalah istilah umum yang mencerminkan fakta bahwa sistem kekebalan seseorang tidak sekuat dan seimbang sebagaimana mestinya. Orang-orang yang sistem kekebalan tubuhnya rusak atau tidak efektif, tidak dapat menghentikan invasi benda asing, termasuk virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19

Penyebab kekebalan tubuh seseorang terganggu dilihat dari 2 hal, yaitu kekebalan primer dan kekebalan sekunder. Kekurangan kekebalan primer muncul ketika seseorang lahir dengan suatu kondisi yang secara langsung memengaruhi sistem kekebalan mereka. Mereka mengalami penyakit-penyakit yang jarang dan biasanya dapat didiagnosis sejak dini. Sedangkan kerusakan kekebalan sekunder lebih sering terjadi dan timbul karena faktor luar. Berikut ini penyebab Immunocompromised:

  • Paparan Racun
    pestisida, logam berat, petrokimia dan polutan udara (asap rokok dan lainnya) dapat mengurangi efektivitas sistem kekebalan tubuh, terutama di permukaan paru-paru.
  • Penyakit Cedera
    Beberapa penyakit dan cedera dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit defisiensi imun, yaitu kumpulan aneka penyakit karena memiliki satu atau lebih ketidaknormalan sistem imun. Misalnya, sedang terpapar AIDS, Limpa tidak berfungsi, ada kelainan leukimia atau limfoma.
  • Obat-obatan
    Keadaan immunocompromised juga dapat disebabkan oleh obat-obatan yang disebut obat imunosupresan.
  • Faktor Usia Lanjut
    Orangtua juga dianggap immunocompromised, karena mereka memiliki sistem kekebalan yang melemah. Tidak cukup baik untuk memenangkan pertarungan melawan virus. Akibatnya, lanjut usia (lansia) lebih rentan tertular infeksi virus corona. Covid-19 dapat menjadi parah ketika orangtua memiliki masalah kesehatan mendasar atau riwayat penyakit yang dapat melemahkan organ-organ seperti jantung dan paru-paru.
  • Kehamilan
    Kehamilan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh wanita. Hal ini karena di dalam tubuh ibu hamil ada organisme dengan bagian-bagian yang terlihat asing bagi ibu, dikodekan oleh DNA dari induk biologis lainnya. Tekanan alami dari sistem imun selama kehamilan menghentikan sistem kekebalan ibu untuk meningkatkan respons terhadap bayinya.


Foto Utama dok. Brittany Colette dari Unsplash

Leave a Reply