MBS 2015 – Obat-obatan/Suplemen

Description:

Segmen bayi dan anak di bawah dua tahun (baduta) merupakan segmen pasar yang sangat potensial. Para orang tua dan ibu, khususnya para ibu baru, tidak ragu untuk memberikan yang “terbaik” bagi anak-anaknya. Pada tahap ini, para orang tua cenderung memanjakan anak-anaknya dengan memberikan “hanya” produk-produk berkualitas terbaik bagi anak-anaknya. Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan terdapat 4.880.951 angka kelahiran bayi pada tahun 2015. Angka kelahiran bayi tersebut diperkirakan meningkat sebesar 1,49% setiap tahunnya yang menjadikan segmen pasar potensial bayi dan anak di bawah dua tahun (baduta) sebagai segmen pasar yang sangat menarik untuk digarap.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran yang utuh mengenai perilaku ibu-ibu yang memiliki bayi dan anak di bawah dua tahun baik dari segi demografi maupun perilaku, kepada para pengelola merek yang menyasar segmen bayi dan anak di bawah dua tahun. Penelitian ini melibatkan 800 responden dari 17 kota besar di Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi dengan MoE sebesar 4,9%.

Sebanyak 95,4% peran ibu sebagai “pengambil keputusan” dalam pengeluaran rumah tangga menunjukkan sebagai segmen yang sangat potensial bagi para pemasar, khususnya untuk produk perlengkapan bayi. Sebanyak 75% ibu memiliki persediaan obat-obatan di rumah, khususnya untuk anak-anaknya. Demam, Batuk dan Flu merupakan salah satu jenis penyakit ringan yang sering dialami oleh anak baduta. Temuan yang menarik adalah populernya penggunaan minyak telon pada anak baduta dalam mengatasi berbagai jenis penyakit ringan seperti demam, flu, batuk, diare atau alergi. Suplemen vitamin anak merupakan konsumsi yang juga penting untuk menunjang kesehatan serta tumbuh kembang anak, khususnya anak baduta.

This field is for validation purposes and should be left unchanged.