Riset Komunikasi Merek / Brand Communication Research

Peran sebuah merek tidak hanya sebagai representasi dari produk yang dimilikinya saja, tetapi juga harus mampu berfungsi untuk menciptakan nilai bagi pelanggan. Merek disebut sebagai indikator nilai karena merek mampu menciptakan dan memberikan nilai tambah bagi produk, perusahaan, orang, atau bahkan negara. Untuk selanjutnya, ketika merek tersebut disampaikan kepada konsumen, maka harus memperhatikan bagaimana cara menyampaikan pesannya karena dalam menyampaikan sebuah pesan komunikasi, setidaknya perusahaan harus memperhatikan empat hal, yaitu apa yang akan disampaikan (isi pesan), bagaimana menyampaikannya secara logis (struktur pesan), bagaimana menyampaikannya melalui simbol-simbol (bentuk pesan), dan siapa yang akan menyampaikannya (sumber pesan).

Untuk dapat mengomunikasikan merek kepada konsumen dengan baik, perusahaan perlu melakukan riset guna mengetahui dan menjajaki penggunaan metode komunikasi seperti apa yang tepat untuk disampaikan kepada konsumen baik dari sudut pandang internal maupun eksternal.

Sigma Research membantu bisnis Anda untuk melakukan riset tersebut. Metode riset yang dapat digunakan adalah dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang tepat dan sesuai dengan strategi perusahaan dari seluruh konsumen yang menggunakan merek tersebut. Kemudian hasil data yang terkumpul dilanjutkan ke tahap analisis, temuan yang akan ditampilkan adalah sebagai dasar bagi perusahaan sebelum memutuskan strategi pemasaran apa yang tepat bagi perusahaan ke depannya, karena sangat penting untuk memahami bagaimana target pelanggan bergerak dalam tahapan menuju kesiapan membeli, apakah Perusahaan ingin menanamkan sesuatu ke dalam benak pelanggan (kognitif), mengubah sikap pelanggan (afektif), atau mendorong pelanggan untuk segera bertindak (perilaku).

Melalui hasil riset sigma, perusahaan juga akan dapat mengetahui saluran apa saja yang tepat dalam mengkomunikasikan merek kepada konsumen yaitu antara lain seperti apakah dengan sales promotion, event, public relations, direct marketing (mengirim katalog, surat, telepon, fax, atau email), corporate sponsorship yaitu menawarkan produk/jasa dengan cara bekerja sama dengan perusahaan lain sebagai sponsor, dan atau advertise yaitu cara-cara memperkenalkan produk/jasa melalui segala macam iklan.

Pada akhirnya, tidak masalah seberapa hebat produk perusahaan Anda; Jika konsumen tidak membeli merek Anda, itu akan menjadi masalah besar. Memahami persepsi dan posisi merek Anda di antara pembeli adalah kunci untuk mendorong keberhasilan jangka panjang – terutama jika pasar telah berkembang seiring waktu. Dan melalui sigma, kami menawarkan berbagai pendekatan inovatif untuk membantu Anda mengukir ceruk pasar Anda.

GET IN TOUCH

We’re here to help and answer any questions you might have. Please fill out the form below and We’d love to hear from you.

This field is for validation purposes and should be left unchanged.