Eksplorasi Pasar Potensial dengan Riset

Di tengah persaingan pasar yang semakin kompetitif, pemilik bisnis pastinya ingin produk dan layanannya menjadi yang terdepan di pasar. Beragam ide dikembangkan, dan dicari formulasinya untuk bisa unggul dan menjadi jawaban atas kebutuhan pelanggan. Namun saat mulai menjalankan bisnis baru, pemilik bisnis wajib mempertimbangkan dan memahami apakah ada potensi pasar untuk bisnis baru tersebut? Potensi ini bisa diidentifikasi melalui Analisis Potensi Pasar. Upaya ini dilakukan untuk menghindari pemborosan sumber daya yang bisa saja terjadi akibat perencanaan yang kurang makan.

Salah satu keunggulan dari Analisis Potensi Pasar dalam konteks bisnis baru adalah kemampuannya untuk melakukan pemetaan pasar secara komprehensif. Ini melibatkan proses identifikasi target pasar, identifikasi kompetitor, pengungkapan kebutuhan pasar yang belum terpenuhi, dan evaluasi apakah produk atau layanan baru yang akan diperkenalkan memiliki potensi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

Identifikasi Target Pasar

Pemahaman yang baik tentang target pasar akan membantu bisnis dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan mengembangkan gaya komunikasi yang sesuai, dimana pada gilirannya akan memperkuat ikatan antara bisnis dan pelanggan.

Identifikasi Kompetitor dan Kebutuhan Pasar

Mengenali keunggulan dan kelemahan kompetitor dapat membantu pemilik bisnis dalam merancang strategi yang lebih efisien untuk mengatasi kompetitornya. Selain itu, data tentang peluang pasar yang mungkin telah terlewatkan oleh kompetitor dapat dimanfaatkan oleh bisnis untuk mengisi kekosongannya.

Riset dapat membantu pelaku bisnis mengetahui tren terbaru, pergeseran preferensi konsumen, dan kebutuhan baru dalam pasar. Hal ini memungkinkan pelaku bisnis untuk mengembangkan produk atau layanan baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar yang sedang berkembang. 

Dalam memulai riset pasar, perlu dilakukan persiapan matang guna memperoleh hasil yang valid dan akurat. Pelaksanaan riset pasar sebaiknya dilakukan dengan konsultan riset sosial dan pemasaran yang berpengalaman. Beberapa langkah yang dilakukan dalam riset pasar antara lain menentukan tujuan penelitian, mempelajari bisnis yang akan diteliti secara komprehensif, menentukan instrumen penelitian, serta melakukan pengumpulan data melalui tenaga profesional untuk diolah. Data yang dikumpulkan dari riset akan dianalisa oleh peneliti pasar yang selanjutnya dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan produk bisnis, serta dapat menjadi masukan bagi perencanaan strategi pemasaran dan pengembangan bisnis kedepannya. Dengan keahlian di bidang riset pasar lebih dari dua dekade, Sigma Research Indonesia dapat memberikan pandangan yang baru dan berharga untuk memajukan bisnis Anda melalui riset etnografi. Hubungi email info@sigmaresearch.co.id atau WhatsApp di nomor 085695325450.

Recent News

Reports