Memahami Kebutuhan Pelanggan Melalui Riset Etnografi

Konsumen menempati posisi sentral dalam pemasaran. Karakteristik konsumen yang cenderung dinamis dan cepat berubah di era yang serba kompetitif ini membuat perusahaan perlu mencari pendekatan baru yang lebih baik untuk dapat mempertahankan konsumen setianya maupun menarik konsumen baru. Pada titik ini, diperlukan inovasi dalam metode riset untuk mengembalikan riset pasar ke tempat yang strategis agar mampu menghasilkan rekomendasi tepat sasaran.  Mengenali konsumen melalui studi etnografi dapat menjadi jawaban dari permasalahan pemasaran yang dihadapi. Bagaimana riset etnografi dapat memberikan wawasan mendalam bagi pemasaran/marketing? Sigma Research Indonesia  dalam artikel ini akan merangkumnya untuk Anda.

Studi etnografi adalah sebuah metode penelitian yang digunakan dalam bidang sosial humaniora. Tujuan dari metode ini adalah untuk memahami perilaku dan budaya suatu kelompok atau masyarakat tertentu. Riset etnografi dalam memberikan gambaran mengenai esensi dan kompleksitas budaya yang ada dalam kelompok etnik yang diteliti. Dalam konteks pemasaran, studi etnografi dapat menjadi sebuah alat yang sangat berguna untuk memahami target pasar dan membangun kampanye pemasaran yang efektif. Salah satu keunggulan dari studi etnografi adalah kemampuannya untuk membantu peneliti pasar dalam memahami konsumen secara lebih mendalam dalam situasi yang kompleks. Keunggulan ini diperoleh melalui teknik-teknik pengumpulan data pada penelitian etnografi, seperti pengamatan terlibat (berbaur dan berinteraksi dengan kelompok yang ingin diteliti dalam jangka waktu tertentu), wawancara mendalam (melibatkan emosi untuk memperoleh informasi yang mungkin belum pernah diungkapkan), dan shadowing (ikut serta dalam kegiatan).

Dengan melakukan observasi langsung dan wawancara yang mendalam dengan konsumen dengan melibatkan pengamatan dan analisis dalam konteks budaya dan sosial yang spesifik, riset etnografi dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Memahami konsumen secara mendalam: Riset etnografi pada pemasaran/marketing memungkinkan pelaku bisnis memahami kebiasaan, preferensi, dan perilaku konsumen secara mendalam dengan mengidentifikasi masalah dan kebutuhan yang mungkin tidak terdeteksi melalui metode penelitian lain.
  2. Pengembangan produk: Pelaku bisnis dapat mengembangkan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar apabila memahami preferensi konsumen secara mendalam. Riset etnografi dapat membantu mengidentifikasi masalah dan kesulitan yang dihadapi konsumen dalam penggunaan produk/jasa, serta menangkap pola perubahannya.
  3. Meningkatkan efektivitas pemasaran: Etnografi dapat membantu perusahaan memahami bagaimana konsumen berinteraksi dengan merek dan produk dalam konteks kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat membantu pelaku bisnis mengembangkan strategi yang lebih efektif dan merancang pesan yang lebih sesuai dengan nilai dan kebutuhan konsumen.
  4. Meningkatkan kepuasan konsumen: Riset etnografi dapat membantu pelaku bisnis memahami apa yang penting bagi konsumen sesuai dengan preferensi dan kebutuhannya. Dengan memahami hal ini, pelaku bisnis dapat menyesuaikan produk dan layanannya untuk memenuhi harapan konsumen dan menjaga serta meningkatkan loyalitasnya. 

Dalam memulai riset etnografi, perlu dilakukan persiapan matang guna memperoleh hasil yang valid dan akurat. Pelaksanaan riset etnografi sebaiknya dilakukan dengan konsultan riset sosial dan pemasaran yang berpengalaman. Beberapa langkah yang dilakukan dalam riset riset antara lain menentukan tujuan penelitian, mempelajari bisnis yang akan diteliti secara komprehensif, menentukan instrumen penelitian, serta melakukan pengumpulan data melalui tenaga profesional untuk diolah. Data yang dikumpulkan dari riset akan dianalisa oleh peneliti pasar yang selanjutnya dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan produk bisnis, serta dapat menjadi masukan bagi perencanaan strategi pemasaran dan pengembangan bisnis kedepannya. Dengan keahlian di bidang riset pasar lebih dari dua dekade, Sigma Research Indonesia dapat memberikan pandangan yang baru dan berharga untuk memajukan bisnis Anda melalui riset etnografi. Hubungi email info@sigmaresearch.co.id atau WhatsApp di nomor 085695325450.

Recent News

Reports