Mengapa Riset Bisnis Penting untuk Pertumbuhan Bisnis Anda?

Sebagai pebisnis, apakah Anda pernah merasa kesulitan dalam mencapai hasil yang diharapkan? Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan dan pertumbuhan bisnis Anda secara signifikan? Jika iya, maka ada satu hal penting yang perlu Anda lakukan: melakukan riset bisnis. Riset pasar untuk bisnis dapat didefinisikan sebagai proses yang bertujuan untuk menentukan kelangsungan hidup suatu produk atau layanan di pasar tertentu dengan bantuan riset yang dilakukan langsung dengan pelanggan potensial. Riset ini juga memungkinkan organisasi untuk lebih memahami pasar sasarannya dengan mengungkap pendapat dan wawasan dari pelanggan tentang preferensi dan minat mereka. Riset bisnis menjadi penting bagi pertumbuhan bisnis karena dapat mengidentifikasi peluang baru dan membantu bisnis menemukan cara yang tepat untuk memasarkan produk atau layanan dengan lebih efektif. 

Bisnis perlu tumbuh untuk berkembang, sehingga perlu beradaptasi dengan kondisi pasar yang selalu berubah dan iklim ekonomi yang kian hari semakin menantang, dan kompetitor yang inovatif. Ada empat strategi pertumbuhan bisnis yang umum dijumpai, yakni:

  1. Penetrasi pasar: memperluas basis pelanggan dengan menjangkau pelanggan baru di pasar yang sudah ada, bertujuan meningkatkan penjualan dengan cara menarik pelanggan jauh dari kompetitor.
  2. Pengembangan pasar: membawa produk yang ada ke pasar baru, menjual kepada pelanggan di pasar yang belum dijelajahi yang belum terpapar produk.
  3. Pengembangan produk: meningkatkan produk yang sudah ada atau meluncurkan produk baru.
  4. Diversifikasi: pindah dari kategori yang ada ke wilayah produk atau layanan yang sama sekali baru.

Riset bisnis adalah proses yang sangat penting guna memahami pasar dan target audiens bisnis Anda guna memperoleh wawasan untuk menjalankan keempat strategi tersebut. Tanpa melakukan riset bisnis, pelaku bisnis mungkin akan kesulitan dalam menentukan keputusan untuk mempertahankan bisnis di pasar yang kompetitif. Padahal, riset bisnis yang cermat dapat memberikan wawasan bagi bisnis untuk bertumbuh, misalnya dapat dengan menemukan peluang baru, memahami kebutuhan pelanggan, hingga menemukan cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Manfaat yang dapat diperoleh dalam menjalankan strategi bisnis menggunakan riset bisnis adalah:

  1. Meningkatkan Performa Merek
    Pertanyaan-pertanyaan yang mungkin timbul oleh bisnis bisa saja meliputi  “Bagaimana pelanggan memandang kita?” hingga “Bagaimana merek kita dibandingkan dengan pesaing kita?”. Riset bisnis dapat digunakan untuk menjelajahi subjek/pasar untuk Anda dapat menggunakan riset pasar untuk meningkatkan branding Anda: kesadaran merek (brand awareness), perbandingan kompetitif dengan kompetitor, serta personifikasi merek Anda. Dengan cara ini, Anda dapat menjelajahi berbagai topik secara mendalam dan mendapatkan umpan balik dari para peserta. Hasilnya akan membantu Anda mengembangkan pemosisian merek dan meningkatkan aset pemasaran Anda.
  1. Memahami Konsumen dengan Lebih Baik
    Terkadang pelaku bisnis membutuhkan informasi yang lebih baik tentang ukuran pasar mereka, target pelanggan mereka, dan cara terbaik untuk menjangkau mereka. Riset binis dapat membantu mengumpulkan informasi tentang konsumen yang terdiri dari sebaran demografi dan geografisnya. Jenis studi konsumen ini membantu kita memahami profil audiens target sehingga kita dapat mengembangkan positioning merek yang terfokus. Dengan memfokuskan upaya Anda pada target pasar yang tepat, Anda dapat melihat hasil yang lebih cepat, peningkatan efisiensi, dan kinerja keseluruhan yang lebih baik dari kampanye pemasaran Anda.
  1. Mengukur Efektivitas Pemasaran
    Banyak pengusaha ingin melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mempromosikan perusahaan mereka dan menghasilkan penjualan. Riset bisnis dapat membantu dengan memberikan informasi tentang keefektifan upaya pemasaran. Mengumpulkan jenis data ini benar-benar dapat membantu memaksimalkan anggaran pemasaran Anda dengan membantu Anda merancang pemasaran yang menjangkau dan beresonansi dengan audiens Anda.
  1. Mengidentifikasi Peluang Baru
    Riset bisnis dapat membantu mengidentifikasi peluang pasar baru yang mungkin tersedia. Misalnya, Anda mungkin ingin membuka toko retail baru dan perlu menemukan lokasi yang tepat. Atau Anda mungkin berencana mengubah saluran distribusi dan perlu menentukan bagaimana keputusan tersebut akan memengaruhi basis pelanggan Anda.
  1. Memperoleh Wawasan tentang Fitur Produk
    Jika Anda membuat produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada, Anda pasti ingin mengetahui apakah Anda memiliki fitur dan kemasan yang tepat. Riset akan memberikan wawasan yang dapat digunakan perusahaan Anda untuk menyempurnakan produk dengan mengumpulkan umpan balik konsumen.

Dalam memulai riset bisnis, perlu dilakukan persiapan matang guna memperoleh hasil yang valid dan akurat. Pelaksanaan riset bisnis sebaiknya dilakukan dengan konsultan riset sosial dan pemasaran yang berpengalaman. Beberapa langkah yang dilakukan dalam riset riset antara lain menentukan tujuan penelitian, mempelajari bisnis yang akan diteliti secara komprehensif, menentukan instrumen penelitian, serta melakukan pengumpulan data melalui tenaga profesional untuk diolah. Data yang dikumpulkan dari riset akan dianalisa oleh peneliti pasar yang selanjutnya dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan produk bisnis, serta dapat menjadi masukan bagi perencanaan strategi pemasaran dan pengembangan bisnis kedepannya. Dengan keahlian di bidang riset pasar lebih dari dua dekade, Sigma Research Indonesia dapat memberikan pandangan yang baru dan berharga untuk memajukan bisnis Anda melalui riset etnografi. Hubungi email info@sigmaresearch.co.id atau WhatsApp di nomor 085695325450.

Recent News

Reports