Menggunakan Market Research untuk Meningkatkan Pengalaman Pelanggan Anda

Loyalitas pelanggan yang kuat dapat dimaknai dengan hadirnya pelanggan berulang dan cenderung tidak beralih ke bisnis pesaing. Namun, perlu diingat bahwa memastikan pelanggan memperoleh pengalaman yang positif, serta menciptakan dan memelihara hubungan yang langgeng dengan pelanggan merupakan tantangan bagi banyak bisnis. Kepuasan pengalaman pelanggan berbanding lurus dengan peningkatan produk/layanan bisnis. Sementara itu, saat mencoba meningkatkan produk/layanan, penting untuk memahami apa yang diinginkan oleh pelanggan. Kabar baiknya, wawasan berharga dari perspektif pelanggan seperti kebutuhan dan preferensinya dapat diperoleh melalui riset pasar (market research). Informasi yang diperoleh dari market research dapat dimanfaatkan oleh bisnis untuk terus berinovasi dan menghadirkan kebutuhan pelanggan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan loyalitasnya.

Informasi-informasi yang dapat dikumpulkan dari market research di antaranya adalah preferensi pelanggan (kecenderungan dalam memilih/melakukan suatu hal), perilaku pembelian (misalnya cara pelanggan memperoleh informasi produk/layanan bisnis, metode pembayaran yang digunakan, serta frekuensi pembelian), dan tren pasar terkini. Beberapa manfaat yang dapat dijumpai dari market research dalam meningkatkan pengalaman pelanggan adalah:

  1. Memahami Target Audiens: Bisnis harus selalu memiliki pemahaman menyeluruh tentang pelanggan yang ingin dijadikan target pasar. Market research akan membantu pelaku bisnis memperoleh wawasan menyeluruh tentang basis audiens, mulai dari aspek demografis (usia, jenis kelamin, pendidikan, status sosial ekonomi, agama), geografis (iklim, lokasi geografis seperti negara atau kota), perilaku (perilaku pembelian, penggunaan, waktu pembelian, manfaat, loyalitas), sampai psikografis (gaya hidup, kepribadian, minat).
  2. Menganalisis Kompetitor: Laporan tren pasar, studi kasus, analisis profil perusahaan, dan inisiatif analisis kompetitif lainnya yang dimuat dalam market research dapat membantu pelaku bisnis mengidentifikasi langkah kompetitor dan memastikan bisnisnya agar tetap unggul dibanding kompetitor.
  3. Gambaran Bisnis/Pelayanan dari Kacamata Pelanggan: Market research dapat dirancang secara khusus memperoleh wawasan dari sudut pandang pelanggan, misalnya tentang ekspektasi pelanggan
  4. Wawasan untuk Peningkatan Pelayanan: Persepsi konsumen kepada bisnis/pelayanan dapat digunakan untuk memahami area mana saja yang dapat diupayakan untuk peningkatan. 
  5. Menyempurnakan dan mengembangkan strategi bisnis: Data-data dan informasi yang dikumpulkan dan diolah dalam market research dapat menjadi rujukan bagi manajemen dalam mengembangkan strategis bisnis mendatang.

Dalam memulai market research, perlu dilakukan persiapan matang guna memperoleh hasil yang valid dan akurat. Pelaksanaan market research sebaiknya dilakukan dengan konsultan riset sosial dan pemasaran yang berpengalaman. Beberapa langkah yang dilakukan dalam market research antara lain menentukan tujuan penelitian, mempelajari bisnis yang akan diteliti secara komprehensif, menentukan instrumen penelitian, serta melakukan pengumpulan data melalui tenaga profesional untuk diolah. Data yang dikumpulkan dari riset akan dianalisa oleh peneliti pasar yang selanjutnya dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan produk bisnis, serta dapat menjadi masukan bagi perencanaan strategi pemasaran dan pengembangan bisnis kedepannya. Dengan keahlian di bidang riset pasar lebih dari dua dekade, Sigma Research Indonesia dapat memberikan pandangan yang baru dan berharga untuk memajukan bisnis Anda melalui riset etnografi. Hubungi email info@sigmaresearch.co.id atau WhatsApp di nomor 085695325450.

Recent News

Reports