Pigeon Mendominasi Pasar Botol dan Dot Susu Bayi

Botol susu dan dot botol susu merek Pigeon berhasil mendominasi pasar kedua produk tersebut di tahun 2020. Pasalnya, Pigeon konsisten menjadi merek yang memiliki angka persentase tinggi berdasarkan aspek top of mind, brand awareness, brand usage, dan brand share yang ditemukan dalam studi terbaru Sigma Research Indonesia yakni “Moms & Babies Survey 2020: Consumer Behavior Trends in COVID-19 Pandemic Period”. 

Dalam hal top of mind misalnya, 69,8% responden menyebutkan Pigeon pertama kali sebagai merek botol susu yang diketahui, disusul oleh merek Huki yang hanya mendapatkan 21,7% dan Philips Avent 4,7%. Sama halnya dengan dot botol susu, persentase top of mind dari dot botol susu Pigeon juga terbilang tinggi dimana sebanyak 64,7% persen menyebut merek ini pertama kali, sedangkan dua merek lainnya terpaut cukup jauh yakni Huki sebesar 31,1% dan merek lainnya hanya disebutkan oleh kurang dari 5% responden. 

Kemudian pada aspek penilaian brand awareness, botol susu merek Pigeon masih berada di posisi teratas, hanya saja kali ini Pigeon harus bersaing ketat dengan merek Huki di mana masing-masing merek memiliki persentase sebesar 96,7% dan 95,3%. Dot botol susu Pigeon juga tidak ingin ketinggalan untuk menempati posisi teratas dari brand awareness. Sebab, merek ini juga berhasil mendapatkan persentase lebih dari 90% di mana 96,4% responden mengenal sangat kuat merek tersebut.

Selanjutnya pada aspek brand usage untuk menggambarkan produk botol susu apa saja yang pernah digunakan oleh responden untuk bayi mereka, Pigeon kembali menduduki posisi nomor satu dengan persentase sebesar 75,0%. Peniliaian serupa juga terjadi pada dot botol susu Pigeon yang mendapatkan persentase cukup tinggi yakni sebesar 70,1%, terpaut jauh dengan merek Huki yang menempati posisi kedua dengan persentase 31,1%. 

Aspek terakhir adalah brand share yang mana penilaian ini digunakan untuk mengetahui produk merek apa saja yang paling sering digunakan oleh responden. Hasilnya, Pigeon kembali berhasil menjadi merek nomor satu botol susu bayi yang paling banyak digunakan oleh para ibu di mana merek ini mendapatkan 69,3% responden, terpaut jauh dengan kedua merek lainnya yakni Huki sebesar 21,2% dan Philips Avent sebesar 5,2% saja. Sama halnya dengan botol susu, merek Pigeon kembali bertengger di posisi teratas untuk produk dot botol susu dengan porsi share yang mendominasi yakni sebesar 67,1%, meninggalkan jauh merek lainnya yakni Huki (28,7%) dan merek lain (5%). 

Dapat diambil kesimpulan bahwa responden sangat mengenal kuat merek Pigeon sebagai produk botol susu dan dot botol susu bayi sehingga, merek ini juga menjadi yang paling sering digunakan untuk kedua produk tersebut. Bahkan, konsumen dot botol susu juga cendurung memiliki loyalitas yang tinggi terhadap merek yang digunakan dan tidak mudah melakukan brand switching.

Ingin mengetahui faktor apa yang tidak membuat responden tidak melakukan brand switching? Temukan selengkapnya dalam hasil studi Moms and Babies Survey 2020:  Consumer Behavior Trends in COVID-19 Pandemic Period” yang melihat pertimbangan dan perilaku ibu dalam mengasuh, memilih, serta membeli produk-produk bayi di bawah umur dua tahun (BADUTA), Anda dapat langsung menghubungi kami melalui email info@sigmaresearch.co.id

Metodologi

“Moms and Babies Survey 2020:  Consumer Behavior Trends in COVID-19 Pandemic Period” merupakan penelitian terbaru yang dilakukan Sigma Research Indonesia di tahun 2020 ini. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, yakni survei berupa wawancara tatap muka (face to face interview) terhadap sejumlah responden dengan menggunakan kuesioner terstruktur yang disusun sesuai dengan tujuan penelitian. Survei dilakukan kepada 500 responden ibu bayi di bawah umur dua tahun (baduta) dengan cakupan lokasi penelitian di lima kota besar Indonesia yakni Jakarta, Medan, Semarang, Surabaya dan Makassar.

Foto oleh Zeesy Grossbaum dari Unsplash



Leave a Reply