Cussons Jadi Merek Andalan di 4 Produk Personal Care Bayi

Cussons menjadi merek yang mendominasi peringkat teratas untuk beberapa produk kategori personal care bayi pada studi terbaru Moms and Babies Survey 2020:  Consumer Behavior Trends in COVID-19 Pandemic Period” yang dikeluarkan oleh Sigma Research Indonesia. Terdapat empat aspek yang dilihat pada studi tersebut yang mengacu pada top of mind, brand awareness, brand usage, dan brand share. Cussons menjadi jawara pada produk bedak bayi, baby oil, baby cologne, dan baby cream & lotion

Pada produk bedak bayi, merek Cussons memiliki persentase yang cukup besar dalam hal top of mind, brand awareness, brand usage, dan brand share dengan masing-masing persentase sebesar 28,9%, 84,0%, 41,9% dan 29,5%. Artinya, produk bedak bayi dengan merek Cussons menjadi produk yang dikenal kuat dan juga yang paling sering digunakan saat ini oleh para responden. Untuk posisi kedua dan ketiga dari keempat aspek tersebut diikuti oleh merek My Baby dan Johnson’s serta Zwitsal.

Kemudian pada produk baby oil, Cussons memiliki persentase yang lebih tinggi dengan bedak bayi. Dalam hal top of mind dan brand awareness, merek Cussons menempati posisi teratas dengan masing-masing persentase sebesar 42,8% dan 84,6%. Di sisi lain, brand usage dan brand share baby oil Cussons juga menduduki puncak dengan masing-masing persentase sebesar 46,8% dan 41,3%. Angka persentase yang cukup tinggi dari merek Cussons ini menjadikannya merek yang mendominasi pasar baby oil pada tahun 2019-2020.

Selanjutnya, persentase dari keempat aspek pada produk baby cologne tidak berbeda jauh dari produk bedak bayi dan baby oil. Pada segi top of mind dan brand awareness, baby cologne Cussons masih bertengger di posisi pertama dengan masing-masing persentase sebesar 37,8% dan 80,1%. Persentase baby cologne dalam hal brand usage dan brand share pun juga tinggi yakni masing-masing sebesar 42,3% dan 35,3%. 

Produk baby cream & lotion merek Cussons pun ikut menduduki posisi puncak di mana persentase masing-masing aspek cukup besar, yakni 43,7% pada top of mind, 88,7% pada brand awareness, 43,7% pada brand usage, dan 39,4% pada brand share. Untuk posisi kedua dan ketiga dari keempat aspek tersebut diikuti oleh merek Zwitsal dan Johnson’s. 

Apabila Anda ingin mengetahui lebih lengkap hasil studi dari Moms and Babies Survey 2020:  Consumer Behavior Trends in COVID-19 Pandemic Period” yang melihat pertimbangan dan perilaku ibu dalam mengasuh, memilih, serta membeli produk-produk bayi di bawah umur dua tahun (BADUTA), Anda dapat langsung menghubungi kami melalui email info@sigmaresearch.co.id

Metodologi

“Moms and Babies Survey 2020:  Consumer Behavior Trends in COVID-19 Pandemic Period” merupakan penelitian terbaru yang dilakukan Sigma Research Indonesia di tahun 2020 ini. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, yakni survei berupa wawancara tatap muka (face to face interview) terhadap sejumlah responden dengan menggunakan kuesioner terstruktur yang disusun sesuai dengan tujuan penelitian. Survei dilakukan kepada 500 responden ibu bayi di bawah umur dua tahun (baduta) dengan cakupan lokasi penelitian di lima kota besar Indonesia yakni Jakarta, Medan, Semarang, Surabaya dan Makassar.

Foto utama oleh Michal Bar Haim dari Unsplash



Leave a Reply